Pantangan Makanan Untuk Penderita Hipertiroid

Untuk anda yang menderita gangguan hipertiroid inilah daftar pantangan makanan untuk penderita hipertiroid yang wajib dihindari dan tinggalkan jika penyakit yang diderita tidak ingin semakin parah.

Pantangan Makanan Untuk Penderita Hipertiroid

Pantangan Makanan Untuk Penderita Hipertiroid Yang Wajib Dihindari

Hipertiroid adalah salah satu penyakit kelenjar tiroid yang muncul akibat tingginya kadar hormon tiroksin dalam tumbuh.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan proses metabolisme dalam tubuh terganggu sehingga dapat memicu timbulnya berbagai masalah kesehatan dan gejala yang muncul pun akan berbeda.

Fungsi dari hormon tiroid dalam tubuh adalah : mengubah makanan menjadi energi, mengatur suhu tubuh, dan mempengaruhi denyut jantung, otot, juga tulang.

Sebagian besar penderita hipertiroid adalah wanita dengan berbagai latar usia mulai dari anak-anak hingga dewasa. Akan tetapi kasusnya lebih sering dialami oleh wanita berusia 20-40 tahun.

Mengingat fungsi dari hormon tiroid sangat komplek maka gejala yang muncul pada setiap orang yang mengalami hipertiroid tidak sama.

Namun, walaupun begitu, ada beberapa gejala yang umumnya dialami oleh setiap penderita hipertiroid, yakni :

  • Berat badan turun tanpa alasan yang jelas.
  • Hiperaktif. Penderita menjadi tidak akan bisa diam dan dipenuhi perasaan cemas.
  • Mudah marah dan emosional.
  • Insomnia atau kesulitan untuk tidur pada malam hari.
  • Konsentrasi menurun.
  • Berkeringat secara berlebihan dan sensitif terhadap suhu panas.
  • Libido menurun.
  • Otot terasa lemas.
  • Diare.
  • Kemandulan.
  • Siklus menstruasi menjadi tidak teratur, jarang, atau berhenti sekaligus.
  • Pada penderita diabetes, hipertiroidisme bisa menyebabkan rasa haus dan sangat lelah.

Tidak hanya itu, penderita hipertiroid juga bisa mengalami beberapa gejala klinis antara lain :

  • Pembesaran kelenjar tiroid yang ditandai dengan munculnya benjolan di leher.
  • Palpitasi atau denyut jantung yang cepat dan/atau tidak beraturan.
  • Kulit yang hangat dan lembap.
  • Kedutan otot.
  • Tremor atau gemetaran.
  • Munculnya biduran (urtikaria) atau ruam.
  • Rambut rontok secara tidak merata.
  • Telapak tangan berwarna kemerahan.
  • Struktur kuku melonggar.

Dianjurkan segera menemui dokter guna mendapakan penanganan dan pengobatan yang serius sehingga hal buruk atau bahaya hipertiroid bisa dihindari, mengingat penyakit hipertiroid yang tidak diatasi bisa menimbulkan komplikasi.

Selain melakukan pengobatan yang tepat, penting juga untuk memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi dalam proses penyembuhan penyakit.

Karena jika salah mengkonsumsi makanan maka bisa menyebabkan penyakit hipertiroid yang diderita semakin parah dan sulit untuk disebuhkan.

Pantangan Makanan Untuk Penderita Hipertiroid

Berbicara mengenai makanan yang dikonsumsi, yang mesti diwaspadai dan diperhatikan adalah tentang pantangan makanan, jangan sampai makanan tersebut dikonsumsi.

Nah, berikut ini adalah daftar pantangan makanan untuk penderita hipertiroid yang mestid dihindari dan tinggalkan agar penyakit mudah diatasi dan tidak semakin parah, yakni :

1.) Makanan Berlemak

Selain dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti memicu penyakit jantung dan stroke, makanan berlemak juga sangat tidak baik dikonsumsi oleh penderita hipertiroid karena dapat memicu produk hormon tiroksin dalam tubuh meningkat.

2.) Gorengan

Gorengan mengandung minyak yang sangat tinggi, dimana minyak merupakan sumber kolesterol yang dapat memicu timbulnya gangguan hipertiroid.

3.) Junk Food dan Fast Food

Kedua jenis makanan ini memiliki dampak buruk bagi penderita hipertiroid jika dikonsumsi karena mengandung bahan pengawet yang dapat mengganggu keseimbangan hormon tiroksin.

4.) Kafein

Jika sebelumnya penderita hipertiroid suka mengkonsumsi makanan berkafein seperti kopi, minuman bersok dan teh, maka mulai saat ini harus menghentikan mengkonsumsi makanan tersebut.

Makanan tersebut dapat menurunkan kondisi penderita hipertiroid, karena makanan berkafein mengandung baha aktif yang berfungsi sebagai stimulan yang dapat memicu kinerja kelenjar tiroid meningkat.

5.) Daging Merah

Mengkonsumsi daging merah diyakini dapat membuat penyakit hipertiroid sulit untuk disembuhkan sehingga makanan ini perlu dihindari oleh penderita hipertiroid.

Hal tersebut karena daging merah mengandung lemak jenuh tinggi yang dapat menggangu keseimbangan hormonal tubuh.

Sebagai gantinya anda bisa mengkonsumsi ikan yang dapat menstabilkan kadar tiroksin dalam tubuh.

6.) Tepung Terigu

Tepung terigu dapat memincu peningkatan hormon dan gula darah dalam tubuh sehingga tidak baik dikonsumsi oleh penderita hipertiroid.

Hal tersebut karena tepung terigu lebih sulit dicerna oleh tubuh serta memiliki kandungan nutrisi rendah dibandingkan dengan biji-bijian. Tidak hanya itu, tepung terigu juga dapat menyebabkan kadar glikemik meningkat dalam tubuh yang bisa menyebabkan produk hormon dan gula darah meningkat.

7.) Produk Susu Dan Olahannya

Sebagian besar penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa produk susu dan olahannya tidak baik dikonsumsi oleh penderita hipertiroid.

Hal tersebut karena didalam makanan tersebut terkandung penisilin yang bisa mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh.

Contoh makanan : keju, yoghurt, dan es krim.

8.) Makanan Beryodium

Yodium terbukti dapat meningkatkan kinerja kelenjar tiroid dalam memperoduksi hormon tiroksin sehingga makanan jenis ini harus dihindari dan ditinggalkan oleh penderita hipertiroid.

9.) Makanan Atau Minuman Manis Utamanya Pemanis Buatan

Makanan dengan kandungan pemanis buatan sangat tidak disarankan dikonsumsi oleh penderita hipertiroid.

Hal tersebut karena makanan berpemanis buatan utama memakai Aspartam dan sejenisnya dapat menyebabkan reaksi imun yang menyebabkan peradangan tiroid dan produksi antibody tiroid

10.) Kedelai Dan Olahannya

Kedelai dan olahanya terbukti mengandung isoflavongoitrogen yang dapat mengganggu kinerja kelenjar tiroid sehingga makanan ini temasuk kedalam salah satu pantangan makanan untuk penderita hipertiroid.

Contoh makanan : tahu, susu kedelai, kecap, tempe, dan sebagainya.

Itulah daftar pantangan makanan untuk penderita hipertiroid yang mesti dihindari dan ditinggalkan utamanya jika penderita tengah dalam masa pengobatan guna mendapatkan hasil yang maksimal.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *