Komplikasi Gondok Beracun

Tahukan anda bahwa komplikasi gondok beracun sangatlah serius karena bisa menyebabkan kematian sehingga anda yang mengalaminya harus benar-benar melakukan penanganan dan pengobatan gondok beracun yang serius.

Komplikasi Gondok Beracun

Komplikasi Gondok Beracun Bisa Menyebabkan Kematian

Gondok beracun menjadi salah satu penyebab munculnya benjolan di leher, yakni kondisi dimana jumlah hormon tiroid yang dihasilkan meningkat sehingga menyebabkan kelenjar tiroid mengalami pembengkakan.

Namun yang perlu diwaspadai adalah penyakit gondok beracun lebih berbahaya dibandingkan dengan gondok biasa.

Secara umum gejala yang muncul pun mirip dengan penyakit gondok biasa sehingga banyak penderita yang tidak menyadari dirinya terkena penyakit gondok beracun yang mana lebih berbahaya dan mamatikan dibandingkan gondok biasa.

Berikut ini adalah beberapa gejala umum dari penyakit gondok beracun, yakni :

  1. Muncul benjolan di leher yang ikut bergerak ketika menelan
  2. Mudah lelah akibat sistem kekebalan tubuh menurun
  3. Mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit dan susah BAB
  4. Tidak kuat dengan cuaca panas
  5. Mudah lapar
  6. Gangguan menstruasi pada wanita
  7. Sering mengalami kram otot
  8. Merasa gugup
  9. Merasa gelisah
  10. Tremor/gemetaran
  11. Jantung berdebar kencang
  12. Mengalami gangguan jantung
  13. Sesak nafas

Selain memiliki gejala yang hampir mirip, penyebabnya pun hampir sama yakni berupa : kurangnya asupan yodium, gondok biasa, keturunan dan konsumsi obat-obatan tertentu.

Namun, meskipun memiliki gejala dan penyebab yang hampir sama penyakit gondok beracun lebih berbahaya dari penyakit gondok dan gangguan tiorid lainnya dimana ketika tidak mendapatkan penanganan dan pengobatan yang serius penyakit ini bisa menimbulkan komplikasi.

Berikut ini adalah beberapa komplikasi gondok beracun yang bisa terjadi jika tidak diatasi dengan serius dan tepat, yakni :

1. Aritmia

Komplikasi yang pertama adalah penyakit gondok beracun bisa menyebabkan detak jantung menjadi lebih cepat yang mana jika kondisi tersebut terjadi secara terus menerus bisa menyebabkan gangguan pada organ jantung.

2. Osteoporosis

Penderita penyakit gondok beracun juga bisa mengalami osteoporosis yakni pengeroposan tulang yang muncul akibat tidak seimbangnya hormon didalam tubuh dampaknya tulang menjadi tepengaruh sehingga mengalami pengeroposan yang ditandai dengan tulang mudah patah.

3. Tidak Sadarkan Diri

Pada sebagian kasus yang sudah parah, penyakit gondok beracun bisa membuat penderitanya tak sadarkan diri, bahkan tidak menutup kemungkinan penderita mengalami koma berkepanjangan yang mana dapat mengancam jiwa.

4. Atrial Fibrilasi ( Denyut Jantung Tak Beraturan )

Selain aritmia, penderita gondok beracun bisa mengalami Atrial Fibrilasi yakni kondisi dimana denyut jantung tidak beraturan yang mana kondisi tersebut bisa menimbulkan resiko gagal jantung hingga stroke.

5. Kebutaan

Orang yang menderita penyakit gondok beracun juga bisa mengalami kebutaan yang mulainya diawali gangguan penglihatan hingga tidak bisa melihat sama sekali.

6. Gagal Jantung

Akibat denyut jantung yang tidak normal, maka bisa menyebakan otot jantung lemah hingga mengalami kerusakan akibatnya jantung tidak berfungsi sama sekali.

7. Kematian

Komplikasi gondok beracun selanjutnya adalah kematian, hal tersebut bisa terjadi jika beberapa komplikasi yang sudah kami sebutkan dialam dalam waktu yang bersamaan seperti kerusakan jantung hingga koma yang berkepanjangan.

Mengingat komplikasi atau akibat gondok beracun yang muncul sangatlah serius karena bisa menyebabkan kematian maka sudah selayaknya jika saat ini anda atau orang terdekat anda terkena penyakit gondok beracun untuk melakukan pengobatan yang tepat dan serius, dengan begitu maka hal buruk yang bisa terjadi bisa dihindari.

Demikianlah informasi singkat tentang bahaya gondok racun ini semoga apa yang telah kami sampaikan bermanfat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak sudah berkunjung dan menyimak artikel sederhana kami jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *