Ciri Ciri Penyakit Tiroid Yang Jarang Di Ketahui

Ciri Ciri Penyakit Tiroid .- Gangguan kelenjar tiroid yang tidak diatasi bisa menimbulkan berbagai bahaya, untuk itu sangat penting bagi kita mengetahui dan mewaspadai ciri atau gejala penyakit tiroid.

Dalam artikel sebelumnya telah kami bahas bahwa salah satu bahaya penyakit tiroid bisa mengancam jiwa disamping menimbulkan berbagai gangguan kesehatan yang berhubungan dengan sistem metabolisme tubuh.

Hal inilah yang menjadi perhatian sehingga penyakit tiroid perlu diwaspadai dan ditangai dengan serius cepat dan tepat sehingga hal buruk yang mungkin terjadi bisa kita hindari.

Salah satu upaya yang dapat kita lakukan sebagai langkag antisipasi atau mewaspadainya adalah dengan mengenal ciri ciri penyakit tiroid.

Ciri Ciri Penyakit Tiroid

Ciri Ciri Penyakit Tiroid

Penyakit tiroid adalah kondisi dimana kelenjar tirod yakni kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak di sekitar leher tepatnya dibawah jakun mengalami gangguan sehingga tidak mampu berfungsi dengan normal.

Kondisi tersebut jelas berbahaya mengingat kelenjar tirod adalah salah satu kelenjar yang memiliki peranan penting dalam tubuh kista yakni sebagai penghasil dan penyimpan hormon yang dibutuhkan dalam sistem metabolisme tubuh.

Salah satunya adalah sebagai pengatur detak jantung, tekanan darah, suhu badan hingga proses mengubah makanan menjadi energi.

Tidak hanya itu, hormon yang dihasilkan kelenjar tiroid juga bisa berpengaruh terhadap pertumbuhan tubuh kista.

Beberapa gangguan kelenjar tiroid yang sering ditemukan kasusnya adalah sebagai berikut, yakni :

  • Hipotiroidisme ( kekurangan hormon tiroid )
  • Hipertiroidisme ( kelebihan hormon tiroid )
  • Gondok ( kelenjar tiroid bengkak )
  • Nodul tiroid ( kista tiroid )

Dan berikut ini adalah rangkuman ciri atau gejala penyakit tiroid dari beberapa gangguan diatas, silahkan disimak !

Ciri Ciri Penyakit Tiroid

Seseorang yang mengalami gangguan tirod akan mengalami beberapa gejala atau ciri ciri penyakit tiroid sebagai berikut :

#1 Penurunan Dan Peningkatan Berat Badan Secara Drastis

Jika kelenjar tirod terganggu maka gejala yang biasanya muncul adalah terjadinya kenaikan berat badan secara drastis jika hormon yang dihasilkan rendah serta penurunan berat badan jika hormon yang dihasilkan berlebihan.

#2 Leher Mengalami Bengkak Atau Timbulnya Benjolan Dileher

Selanjutnya jika gangguan tiroid yang terjadi adalah pembengkakan karena hormon yang dihasilkan tinggi adalah dapat menimbulkan benjolan di leher atau yang lebih dikenal dengan penyakit gondok.

Selain timbulnya benjolan atau terjadinya pembengkakan gangguan tersebut juga biasanya diserta rasa sakit.

Penyakit gondok yang tidak mendapatkan penanganan serius bisa tumbuh semakin besar serta berkembang menjadi kanker, untuk itu segera atasi dan obati jika anda mengalaminya.

#3 Rambut Rontok

Secara perlahan seseorang yang mengalami gangguan pada tiroid bisa mengalami kebotakan akibat rambut rontok.

Hal tersebut terjadi sebagai akibat dari kelenjar tiroid tidak berfungsi dengan normal. Untuk itu segera temui dokter jika anda mengalami kerontokan secara tiba-tiba atau tidak normal.

#4 Perubahan Mood

Seseorang yang mengalami gangguan fungsi tiroid akan memiliki emosi yang tidak stabil, mengalami gangguan tidur, dan sering merasa gelisah

#5 Kedinginan atau Kepanasan

Jika gangguan tiroid mengakibatkan hormon yang dihasilkan sedikit maka penderita akan mengalami kedinginan meskipun suhu disekitarnya normal dan sebaliknya penderita akan merasakan kepanasan jika gangguan tiroid mengakibatkan hormon yang dihasilkan berlebih.

#6 Sering Merasa Lelah

Orang yang terkena gangguan tiroid umumnya akan mengalami kelelahan meskipun tidak melalukan aktivitas berat serta istrihat cukup.

Hal tersebut bisa menyebabkan penderita akan sering tidur di siang hari bahkan bisa lebih dari satu kali dalam sehari.

#7 Siklus Menstruasi Terganggu

Jika gangguan tiroid dialami oleh wanita maka bisa menyebabkan tidak teraturnya datang bulan jika mengalami hipertiroid dan menstruasi akan terasa sangat menyakitkan jika mengalami ganggan hipotoroid.

#8 Gangguan Pencernaan

Orang yang mengalami gangguan tiroid juga bisa mengalami gangguan pencernaan yakni sembelit ( susah BAB ) dan diare yang berkepanjangan.

#9 Nyeri Otot Dan Tulang

Ketika hormon yang dihasilkan kelenjar tiroid tidak seimbang maka bisa menyebabkan timbulnya tasa nyeri otot dan tulang walaupun tidak melakukan aktivitas yang berat.

Segera temui dokter guna mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat dan serius jika beberapa gejala tersebut anda alami atau temukan pada orang terdekat anda, mengingat penyakit tiroid yang tidak mendapatkan penanganan bisa menimbulkan komplikasi berbahaya.

Baca : Bahaya Penyakit Tiroid

Demikianlah informasi tentang ciri ciri penyakit tiroid ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda, terima kasih banyak sudah menyimak artikel sederhana ini, jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *