Bahaya Penyakit Tiroid Bisa Mematikan Jika Dibiarkan

Bahaya Penyakit Tiroid .- Adanya gangguan pada kelenjar tiroid jelas tidak boleh di anggap sepele harus segera diatasi dan diobati dengan serius, karena jika tidak bisa berakibat fatal karena berbahaya.

Apa saja bahaya penyakit kelenjar tiroid ? berikut admin berikan informasinya untuk anda silahkan disimak !

Bahaya Penyakit Tiroid

Bahaya Penyakit Tiroid

Salah satu kelenjar dalam tubuh yang memiliki peranan penting bagi kelangsungan hidup kita adalah kelenjar toroid yakni kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak di bawah jakun.

Kelenjar ini penting karena memiliki peranan penting bagi sistem metabolisme tubuh, mengingat kelenjar ini adalah penghasil dan tempat penyimpanan hormon yang berpengaruh terhadap sistem metabolisme tubuh.

Salah satu fungsi hormon yang dihasilkan kelenjar tiroid tersebut adalah sebagai pengatur detak jantung, mengatur tekanan darah, suhu badan, dan proses mengubah makanan menjadi energi. 

Dengan kata lain hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid sangat berpengaruh kepada fungsi tiap sel dalam tubuh.

Kekurangan dan kelebihan hormon ini bisa berpengaruh terhadap pertumbuhan dan metabolisme tubuh sehingga keberadaannya sangat diperlukan.

Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit tiroid yang umumnya terjadinya, yakni :

Bahaya Penyakit Tiroid Mematikan

Selain mengakibatkan terganggunya sistem metabolisme tubuh, penyakit tiroid yang tidak mendapatkan penanganan dan pengobatan yang serius bisa berbahaya.

Utamanya jika penyakit tiroid sudah menimbulkan gejala serta peningkatan fungsi kelenjar tiroid seperti : sulit bernafas, sulit menelan, hingga suara serak. ( Baca : Ciri Ciri Penyakit Tiroid )

Hal tersebut dikatakan oleh dr. Yusi Capriyanti dari laman alodokter.com

. . . lebih lanjut beliau mengatakan bahwa penyakit kelenjar tiroid yang tidak mendapatkan penanganan bisa menyebabkan gangguan lain yang berbahaya seperti kanker tiroid yang berbahaya jika tidak segera ditangani dengan baik.

Untuk itu jangan anggap enteng dan sepele penyakut tiroid segera atasi dan obati dengan serius jika saat ini anda terindikasi atau terdiaknosa menderita penyakit tiroid.

Selain itu, penyakit tiroid yang tidak diobati juga bisa menimbulkan berbagai komplikasi lainnya seperti :

Bayi Lahir Cacat

Jika yang menderita penyakit tiroid adalah wanita hamil, maka bayi yang dikandungya memiliki resiko lahir cacat.

Hal tersebut terjadi sebagai akibat dari adanya gangguan perkembangan mental dan fisik bayi dalam kandungan.

Kelenjar Tiroid Bengkak ( Gondok )

Jika kelenjar tiroid menghasilkan hormon berlebih maka dapat memicu terjadinya pembengkakan kelenjar tiroid yang ditandai dengan muncul benjolan atau tonjolan di leher atau yang dikenal dengan penyakit gondok.

Penyakit gondok yang tidak diobati dengan serius bisa semakin membersar. Jika sudah begitu maka operasi menjadi salah satu cara yang biasa dilakukan dokter untuk mengatasinya.

Masalah Atau Gangguan Jantung

Jika kelenjar tiroid mengalami gangguan maka dapat mempengaruhi fungsi jantung yang lama kelamaan dapat menimbulkan gangguan dan masalah pada jantung yakni berupa penyakit jantung.

Hal tersebut terjadi sebagai akibat dari meningkatnya kolesterol jahat yang bisa menyebabkan pengerasan arteri, meningkatkan serangan jantung dan stroke.

Gangguan kelenjar tiroid juga bisa menyebabkan terjadinya penumpukan cairan di sekitar jantung yang bisa memicu terjadinya gagal jantung.

Kemandulan

Jika penyakit tiroid dialami oleh wanita, maka bisa meningkatka resiko terjadinya kemandulan karena gangguan kelenjar tiroid khusunya Hipotiroidisme bisa mempengaruhi ovulasi sehingga mengurangi kemungkinan seorang wanita untuk hamil.

Myxedema

Myxedema bisa mengancam jiwa karena dapat memperlambat metabolisme tubuh. Namun kondisi tersebut terjadi dalam waktu yang cukup lama.

Salah satu indikasi seseorang terkena Myxedema adalah mengalami gejala kelelahan ekstrim atau serta tidak kuat dengan suhu dingin.

Mengingat penyakit tiroid berbahaya dan bisa menimbulkan komplikasi maka segera atasi dan obati dengan serius jika anda mengalami gejalanya.

Salah satu upaya yang bisa anda lakukan untuk mengobati penyakit tiroid agar terlepas dari bahaya penyakit tiroid diatas adalah menemui dokter.

Pada saat menemui dokter maka biasanya dokter akan melakukan berbagai pemeriksaan untuk mendiaknosa penyakit tersebut.

Pemeriksaan yang dilakukan meliputi : pemeriksaan darah, USG, pemindaian dengan isotop radioaktif, serta biopsi melalui aspirasi jarum halus.

Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk ukuran serta jenis benjolan yang muncul serta ada tidaknya jenis sel ganas yang terdapat dalam benjolan.

Selain itu dokter juga biasanya akan melakukan tes darah guna mengukur kadar hormon tiroid dan TSH (thyroid-stimulating hormone) guna menentukan kondisi hipertiroidisme atau hipotiroidisme yang dialami oleh pasien.

Demikianlah informasi singkat tentang bahaya penyakit tiroid ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda.

Terima kasih sudah menyimak dan berkunjung di halaman sederhana kami, jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat.

Posy By

www.kelenjartiroid.niherbal.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *