Bahaya Penyakit Hipertiroid Dan Cara Menyembuhkannya

Bahaya Penyakit Hipertiroid .- Hipertiroid merupakan salah satu jenis penyakit tirod yakni kondisi dimana jumlah hormon yang di hasilkan kelenjar tiroid berlebih sehingga tubuh memiliki banyak hormon tiroid yang berdampak kepada terganggunya sistem metabolisme tubuh.

Bahaya Penyakit Hipertiroid

Dimana proses tubuh akan terjadi lebih cepat yang ditandai dengan meningkatnya jumlah hormon T4 atau T3 yang menyebabkan peningkatan metabolisme dalam tubuh atau yang dalam istilah medis disebut dengan istilah hipermetabolik.

Kondisi tersebut biasanya ditandai dengan muncul beberapa gejala pada penderitanya seperti :

  • Merasa gugup, murung, lemah, atau lelah.
  • Tangan tremor/bergetar, jantung berdetak cepat, atau Anda mungkin memiliki masalah pernapasan.
  • Panas dan berkeringat atau memiliki kulit gatal, merah dan hangat.
  • Buang air besar lebih banyak dari biasanya.
  • Rambut rontok.
  • Turun berat badan meskipun Anda makan sama atau lebih banyak dari biasanya.
  • Tekanan darah meningkat
  • Sulit konsentrasi
  • Mengalami gangguan menstruasi ( sering telat ) pada wanita

Bahaya Penyakit Hipertiroid Dan Penyebabnya

Meningkatnya produksi hormon tiroid yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid bisa disebabkan oleh beberapa faktor atau penyakit lainnya, yakni :

  • Penyakit Graves.
  • Tumor.
  • Ketidak seimbangan hormon (Pemasukkan yang berlebihan dari hormon-hormon tiroid -Pengeluaran yang abnormal dari TSH/Thyroid Stimulating Hormon).
  • Tiroiditis (peradangan kelenjar tiroid).
  • Pemasukkan yodium yang berlebihan.

Dari beberapa penyebab tersebut, penyakit graves ( penyakit autoimuns ) adalah penyakit yang paling sering menyebabkan penyakit hipertiroid.

Penyakit graves dapat memicu tubuh membuat membuat antibodi yang disebut thyroid-stimulating immunoglobulin (TSI) yang menyebabkan kelenjar tiroid memproduksi terlalu banyak hormon tiroid.

Bahaya Penyakit Hipertiroid

Selain bisa menyebabkan proses tubuh menjadi lebih cepat, penyakit hipertiroid yang tidak mendapatkan penangan dan pengobatan serius sehingga terjadi secara terus menerus dapat mengakibatkan fibrilasi atrium dan aritmia yang bisa menyebabkan stroke.

Tidak hanya itu, orang yang mederita penyakit hipertiroid juga bisa mengalami osteoporosis hingga gagal jantung kongestif yang tentunya sangat berbahaya dan mengancam jiwa karena bisa menyebabkan kematian.

Itulah beberapa bahaya penyakit hipertiroid jika tidak diatasi dan diobati dengan serius, untuk itu jangan pernah anggap sepele penyakit hipertiroid, segera atasi dan obati jika saat ini anda atau orang terdekat anda mengalami beberapa ciri ciri penyakit tiroid hipertiroid.

Cara Menyembuhkan Penyakit Hipertiroid

Dalam mengobati dan menyembukan penyakit tiroid biasanya dokter akan merepkan obat antirioid dan yodium radioaktif dengan tujuan mengambat sintesis hormon tiroid serta mengancurkan sel-sel tiroid sehingga produksi hormon dapat ditekan.

Namun sayangnya penggunaan obat antitiroid tersebut bisa menimbulkan efek samping berupa penurunan sel darah putih.

Selain pemberian obat-obatan, operasi juga bisa menjadi opsi yang dipilih oleh dokter guna menyembuhkan penyakit tiroid utamanya jika penyakit tiroid menimbulkan benjolan dileher yang cukup besar.

Operasi tersebut dilakukan dengan tujuan mengangkat benjolan akibat hipertiroid.

Nah, selain melakukan pengobatan secara medis kini penderita penyakit tiroid bisa melakukan pengobatan tiroid secara alami yang jauh lebih aman ( Baca : Cara Mengobati Penyakit Tiroid Secara Alami )

Demikianlah informasi singkat tentang bahaya penyakit hipertiroid ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda serta menambah wawasan anda.

Terima kasih banyak sudah berkunjung dan menyimak artkel sederhana kami ini, jangan lupa bagikan jika anda rasa artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *